Jembatan Kasubi, Kalukubula-Sunju-Binangga

Jembatan Kasubi
Jembatan Kalukubula Sunju Binangga (Kasubi)
Yuk kita tengok Jembatan Kasubi (Kalukubula-Sunju-Binangga) lebih dekat. Jembatan yang diresmikan pada Senin, 7 September 2015 oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola ini terletak di desa Kalukubula, kabupaten Sigi, propinsi Sulawesi Tengah.

Kakarmand baru mengetahui jembatan ini saat mengikuti MTQ tingkat kabupaten Sigi di desa Kotapulu, kecamatn Dolo tanggal 10-15 November 2015. Waktu itu saya menjadi peserta dari kafilah kecamatan Marawola barat. Masyarakat di sana masih hangat-hangatnya membicarakan tentang jembatan Kasubi ini.
Jembatan Longki Djanggola
Prasasti jembatan Kasubi oleh Gubernur Sulawesi Tengah
Sudahkah Anda menelusuri jembatan Kasubi?
Jembatan Kasubi ini menghubungkan Desa Kalukubula Kecamatan Biromaru menuju Desa Sunju Kecamatan Marawola. Kemudian dari desa Sunju melalui jalan yang telah mulus beraspal terhubung lagi ke Desa Binangga Kecamatan Marawola.

Jembatan dan jalan ini sangat dirasakan manfaatnya dalam mengurangi jarak tempuh perjalanan dari yang sebelumnya. Jarak tempuh menjadi sangat singkat karena jembatan Kasubi. Dari sebelumnya jika dari Kecamatan Biromaru menuju Kecamatan Marawola biasanya dilalui melalui wilayah Kota Palu terlebih dahulu. Jalur ini juga direncanakan kedepannya menjadi penghubung outer ring road (jalan lingkar luar) dari Pantoloan, Kalukubula sampai ke Watusampu.

Jalan ini menghubungkan aktifitas ekonomi, sosial maupun budaya dalam masyarakat. Selain itu, untuk masyarakat di kecamatan Biromaru jalur Kasubi ini juga membuat jarak menuju Pariwisata Paralayang Mantantimali di kecamatan Marawola Barat menjadi lebih singkat.
Kalukubula Sunju Binangga
Pemandangan sawah di desa Sunju
Perjalanan dari kalukubula menuju binangga dilalui dengan pemandangan persawahan yang menyejukan pandangan mata. Di sebelah kanan dan kiri sepanjang jalan Anda akan menikmati pemandangan desa Sunju yang hijau. Namun jika Anda merupakan pengemudi kendaraan, jangan sampai keasikan menikmati pemandangan tanpa memperhatikan jalan kendaraan Anda.

Kembali kepada jembatan Kasubi yang memiliki panjang empat puluh lima meter dam lebar tujuh meter ini juga menjadi spot bermain dan rekreasi masyarakat sekitar. Saat sore hari jembatan ini ramai didatangi oleh anak-anak muda desa sebagai tempat berkumpul dan rekreasi. Mereka ada yang menaiki kendaraan seperti motor dan sepeda, namun ada pula yang berjalan santai sambil jogging. Pada kubangan tepian sungai pun menjadi tempat main dan berenang bagi anak-anak desa.

Nah, begitulah jembatan Kasubi. Alias Jembatan Kalukubula Sunju Binangga.
Untuk lebih memperjelas lagi, berikut lampiran foto-foto di jembatan Kasubi.


Foto Jembatan Kalukubula - Sunju - Binangga. Kasubi

mandi di sungai Kalukubula, Kasubi
Anak-anak desa mandi di sekitar jembatan Kasubi
tangga jembatan Kasubi
Anak-anak sedang menuruni tangga jembatan Kasubi
taman jembatan Kasubi
Jembatan menjadi tempat berkumpulnya muda mudi desa
jogging di jembatan kasubi
Masyarakat kini melakukan jogging sebagai gaya hidup sehat
pemandian wera dan dirgantara paralayang mantantimali
Tembus menuju wisata pemandian wera, dan dirgantara paralayang
Papan project pembangunan jalan
Papan proyek pembangunan jalan Binangga - Kalukubula
Jembatan Kasubi
Jembatan Kasubi, Kalukubula - Sunju - Binangga
Jembatan Kalukubula
Pemandangan sekitar Jembatan Kasubi sangat cocok buat berfoto ria

Sekian postingan Kakarmand tentang Jembatan Kasubi (Kalukubula - Sunju - Binangga). Bila ada tanggapan, jangan ragu unutuk mengisi form komentar di bawah. Terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »